Gallery

Tentang Bidadari

full-moon-1920x1440_pixabay

Pernahkah anda melihat bidadari? Saya pernah. Baiklah, akan saya ceritakan sedikit tentangnya.

Saya mengenalnya sebagai sosok yang indah dan selalu berharap dapat mengenalnya lebih dekat. Ia selaksa rembulan yang berpendar indah di langit yang cerah. Sebagaimana bulan yang berjarak jutaan hasta, saya pun hanya dapat mengaguminya dari kejauhan, hanya bisa memendam harap untuk dapat menemui dan mengaguminya dari jarak yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya.

Maka, suatu hari saya turutkan harapan ini dengan memberanikan diri mengajaknya bertemu. “Bagaimana kalau Minggu ini?” pinta saya saat itu. Ia tak langsung mengiyakan, namun saya terus coba meyakinkan. Bukankah dimana-mana segala bentuk keindahan harus diperjuangkan? Hingga akhirnya kami sepakati untuk bertemu di suatu tempat yang ia ajukan. Saya hanya mengiyakan. Saya berikan kebebasan baginya untuk menentukan, karena seperti itulah kita harus memperlakukan seorang ratu.

Siang itu, dalam balutan kain yang menutupi sebagian besar tubuhnya, ia menunggu saya yang datang terlambat. Oh Tuhan, dosa macam apa yang telah saya buat saat membuatnya harus menunggu. Ketika tiba waktu kami saling berjumpa, selaksa dewi kahyangan, ia berjalan mendekat, penuh pesona, penuh keteduhan, penuh keanggunan. Ada keindahan yang sulit saya jelaskan, namun mudah saya rasakan. Kami sama-sama tersenyum, berjabat tangan, dan selanjutnya, hari itu menjadi hari yang panjang bagi kami berdua.

o-couple-talking-happy-facebook-1024x512

Waktu yang saya luangkan bersamanya pun menjelma menjadi untaian kisah yang penuh warna, penuh detak jantung yang mengencang, desir hati yang mengalir perlahan, kehangatan yang merebaki dada dan kedamaian yang menenangkan. Kami berbagi cerita, berbagi canda. Saat giliran saya bercerita, ia hadir sebagai pendengar yang baik, teramat baik. Ia akan diam menyimak, mengangguk setuju, atau terkadang menatap jauh dalam perenungan yang dalam. Saat tiba gilirannya bercerita, ia akan menuturkan kisah-kisah yang sungguh menaut hati. Sebenarnya, berkali-kali dikatakannya ia tak punya kisah hebat dan bukan pula pribadi yang hebat, namun itulah yang membuatnya semakin indah. Ia adalah sosok bidadari berbalut kerendahan hati. Dan dalam menuturkan kisah yang penuh kerendahan hati itu, ia mungkin tak tahu saya sangat menyukai caranya bercerita, caranya tertawa di sela-sela kisahnya, caranya menutupi wajah cantiknya malu-malu, raut kebingungannya saat kesulitan mencari kata-kata menjelaskan sesuatu yang rumit dan rona keceriaannya saat menuturkan kisah yang jenaka. Ia mungkin juga tak tahu betapa saya mengaguminya hari itu.
moon-cloud-sky-night-mountain

Bersamanya, saya tak  ingin malam cepat berlalu. Saya enggan sekali berpisah dengannya dan berharap malam takkan berakhir, atau paling tidak pagi takkan kunjung tiba. Saya menikmati setiap detik yang saya luangkan bersamanya. Kebersamaan dengannya adalah kehangatan yang memberikan energi sekaligus kesejukan yang mendamaikan hati. Seandainya saya harus memilih antara pulang atau menghabiskan waktu bersamanya hingga fajar menjelang, dengan mantab saya akan memilih yang kedua. Seandainya kesempatan itu benar-benar diberikan, saya tak akan mengalihkan pandangan saya sedetik pun darinya. Tidakkah lelah berbincang hingga pagi? Tidak. Sama sekali tidak. Bagaimanalah saya bisa lelah jika ia sendiri adalah sumber tenaga bagi saya?

Namun malam itu, kami harus sudahi kebersamaan kami ketika malam semakin larut. Saya antarkan ia kembali ke rumah. Dari kejauhan, dengan berat hati saya lepas langkahnya menjauh hingga ia hilang ditelan malam.  Meski demikian, malam itu adalah salah satu malam terindah dalam hidup saya. Ah, andai bidadari penghadir kehangatan itu tahu betapa saya ingin selalu bersamanya, mengagumi keindahannya dan meresapi kedamaian yang terasa hangat di dalam dada. Dan pribadi yang penuh keindahan itu akan selalu bersemayam di satu tempat khusus di dasar hati; terjaga, terhormati, terindahkan dan termuliakan.

27161

Leave a Reply

