EKA merangsek jalur Solo-Semarang

Bus cepat EKA kini turut meramaikan jalur Solo-Semarang yang didominasi oleh Safari, Shantika, Rajawali, Muncul, dan operator lainnya. Hal ini menambah daftar bus Jawa Timur yang merangsek ke jalur ini, setelah Sumber Kencono (SK) lebih dulu masuk. Namun perlu dicatat bahwa EKA masuk di kelas PATAS, berbeda dari SK yang masuk di ekonomi. Hal ini terlihat dari tarif yang dikenakan pada penumpang, tempat parkir di terminal Tirtonadi Solo, dan penaikan penumpang selama perjalanan Solo-Semarang.

Untuk jarak Solo-Semarang, EKA mengenakan tarif sama seperti bus-bus PATAS Solo-Semarang lainnya, yakni Rp. 20.000,00; berbeda dengan SK yang memasang Rp. 13.000,00 untuk tarif biasa dan Rp. 11.500, jika menggunakan kartu langganan. Tempat parkir di terminal Tirtonadi pun menempati tempat yang digunakan oleh bus-bus PATAS Solo-Semarang. Dan layaknya bus PATAS, EKA tidak atau mungkin jarang menaikkan penumpang di jalan selama perjalanan Solo-Semarang.

Dari hasil penelusuran saya di group Facebook ‘EKA CEPAT FANS CLUB’, saya berhasil mendapatkan jadwal keberangkatan EKA dari Terminal Bungurasih Surabaya dan dari Terminal Terboyo Semarang.

Dari Bungurasih:

7296 jam 20.12

7297 jam 21.40

7298 jam 09.42

7299 jam 10.51

Dari Terboyo:

7296 07.17

7297 08.25

7298 21.35

7299 22.10

Bagaimana dari Solo menuju Semarang (dan Surabaya)? Dari obrolan saya dengan kondektur bus EKA, bus berangkat dari Solo pukul 4 dan 5 sore, serta sekitar pukul 3 pagi. Hal ini cocok dengan dari hasil penulusran saya di group yang sama di Facebook, yaitu 7298 dan 7299 berangkat sore setelah shantika terakhir sementara yang pagi berangkat sebelum Muncul pertama.

Saya sendiri pernah sekali mencoba naik EKA Semarangan. Saat itu bulan Juli 2011 saya dalam perjalanan dari Sragen menuju Semarang, tiba di Terminal Tirtonadi Solo sekitar pukul 5 sore. Di terminal saya melihat EKA parkir di tempat yang biasa untuk parkir bus PATAS Solo-Semarang, dan ada yang janggal di tulisan jurusannya: yang biasanya Surabaya-Solo-Jogja-Magelang, ini Surabaya-Solo-SEMARANG. Setelah saya tanyakan pada kernetnya, memang EKA tersebut adalah EKA Semarangan, bukan Jogja/ Magelang. Akhirnya saya putuskan untuk naik bus tersebut (yang kata kernetnya masih baru, belum ada 1 bulan diluncurkan).

Jam 5 lebih bus berangkat ke Semarang. Kondisi dalam bus masih sangat bagus, klop dengan body yang masih mengkilap. Suara mesin hampir-hampir tidak kedengaran. Selama perjalanan ke Semarang, bus juga sess. Selain itu service kru-nya juga sangat bagus. Kondektur menarik uang dengan ramah dan sebelum masuk Boyolali, penumpang diberi air mineral gelas (ya lumayan lah). Mendekati Banyumanik, kondektur mengingatkan penumpang yang akan menuju kota Semarang untuk persiapan dan bahkan membangunkan dua orang mbak-mbak yang ketiduran di kursi belakang dan menyarankan mereka untuk persiapan. Superb stuff!

Dengan bus yang prima dan cepat serta pelayanan pada penumpang yang cukup bagus, tak ayal lagi EKA menjadi operator yang meramaikan jalur Solo-Semarang. Dengan jadwal keberangkatan yang dekat dengan SK, bukan tidak mungkin jalur Solo-Semarang menjadi track balapan antara kedua bus yang terkenal kecepatannya itu. Walhasil, jalur Solo-Semarang akan lebih hidup dan semarak!

Galleries:

Foto diambil dari group Facebook EKA PATAS FANS CLUB.
Postingan terkait:
About these ads
By yogaslavianarmy Posted in Essay

12 comments on “EKA merangsek jalur Solo-Semarang

  1. Pingback: Bus Eka « medanbuslover

  2. Bus Eka is Ok. mohon info kontak person untuk wilayah surakarto. Apakah boleh saya naik di ruas jalan. sya mau ke jogja dari surakarta

  3. jalur solo semarang saat ini yang paling buruk adalah jalur ring road utara boyolali, jalannya rusak, memaksa sopir bus dan truk boros waktu di jalur tsb

  4. kalau dari solo jam 3 pagi sampai semarang jam berapa ya? masuk semarang turunnya di mana, banyumanik apa sukun? atau masuk kota? maaf masih awam semarang

  5. Betul. Nggak siang, nggak malam, perjalanan selalu terganggu di jalur tersebut. Dan respon Pemkab Boyolali dalam memperbaiki jalan juga cukup lamban.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s